• Home
    Ke Halaman Depan
  • Goresan Kecil
    Nulis Tentang Apa aja..
  • Tips Dan Trik
    Berbagai Tips dan Trik Ada di Sini..
  • Galery
    Photo, Gambar dan Banner..
  • Kuliah
    Materi kuliah dan akademis klick di sini..
  • Dwnload
    Download berbagai file, klick di sini..
  • TV
    Mau nonton TV, klick di sini..
  • Daftar Isi
    Lihat Daftar Isi, klick di sini..

Jumat, November 19, 2010

Belajar Akuntansi Yuk…

Udah lama rasanya udah gak mengulang pelajaran semasa kuliah dulu.. lama kelamaan bisa jadi lupa juga ni otak.. Sayang aja elmu waktu di gunung (baca: Kampus) dulu hilang begitu saja. Melalui postingan ini dan Insya Allah postingan berikutnya aku akan mencoba menulis tentang akuntansi, itung-itung mengulang pelajaran kuliah dulu.

Yup.. langsung saja kita mulai..

What Is Accounting ?

sebelum melangkah lebih lanjut tentunya kita harus paham dulu, akuntansi itu benda seperti apakah..?

Akuntansi adalah sebuah sistem informasi yang mengidentifikasi (identifies), mencatat (records), dan mengkomunikasikan (communicates) peristiwa ekonomi kepada pengguna atau pihak yang membutuhkan.

  1. Mengidentifikasi peristiwa ekonomi yang berhubungan dengan aktivitas ekonomi atau transakai pada sebuah organisasi atau perusahaan. Penjualan pulsa oleh telkomsel, pembayaran gaji karyawan, penjualan tiket 21 merupakan beberapa contoh dari peristiwa ekonomi.
  2. setelah mengidentifikasi, peristiwa ekonomi tersebut dicatat dan diklasifikasikan, secara ringkas konsisten dengan kronologis kejadian dalam satuan mata uang.
  3. Setelah mengidentifikas dan mencatat informasi keuangan tersebut dikomunikasikan kepada pihak yang memerlukan dalam bentuk laporan keuangan, yang terpenting dalam mengkomunikasikan yaitu kemampuan menganalisis dan mengiterpertasikan laporan keuangan tersebut.

image

Who Uses Accounting Data?

Dikarenakan peran akuntasi sebagai komunikasi data keuangan maka akuntansi disebut juga sebagai the langguage of busines. Data akuntansi dibutuhkan oleh dalam pengambilan keputusan, di bagi menjadi dua yaitu pihak ekternal dan internal.

Pihak Internal yaitu pihak yang berasal dari dalam perusahaan, seperti manajer, staf produksi, HRD, bagian penjualan dan pihak lainnya di dalam perusahaan.

image

Pihak Eksternal yaitu pihak pihak yang berasal dari luar perusahaan, seperti para calon inspertor, pencari kerja, pelanggan, pemerintah, dan lembaga lainnya.

image

 

segitu dulu ya… Bersambung…

2 komentar:

  1. sangat membantu kami dalam memahami tentang akuntansi yang menurut saya waktu sekolah inilah pelajaran yang termasuk sulit

    BalasHapus
  2. http://sarangsemutpapua.web.id
    http://buahmerahpapua.web.id
    http://rumputkebarpapua.web.id
    http://kayuakway.web.id
    http://jual-minyak-lintah-papua.blogspot.com
    http://goo.gl/xYb3FM | http://goo.gl/WgqHZZ | http://goo.gl/l71D8h | http://goo.gl/gla0Vs

    BalasHapus

Terima kasih Udah berkomentar di sini.. :)