• Home
    Ke Halaman Depan
  • Goresan Kecil
    Nulis Tentang Apa aja..
  • Tips Dan Trik
    Berbagai Tips dan Trik Ada di Sini..
  • Galery
    Photo, Gambar dan Banner..
  • Kuliah
    Materi kuliah dan akademis klick di sini..
  • Dwnload
    Download berbagai file, klick di sini..
  • TV
    Mau nonton TV, klick di sini..
  • Daftar Isi
    Lihat Daftar Isi, klick di sini..

Minggu, Juli 13, 2008

Tip & Trik Penulisan Skripsi #1


Mengetik Skripsi

Jangan berharap gw jd pembimbing skripsi di posting ini bro.

Atau nemuin contoh skripsi yang sudah jadi di sni. Gw hanya mencoba berbagi sedikit trik untuk gimana caranya menggunakan fasilitas yang ada di Microsoft Office(Ms O) untuk mendukung kelancaran pengetikan skripsi.. Bagi yang berharap mendapatkan contoh skripsi atau mau membeli skripsi.. Gw harap g usah baca posting ini bro.

Pertama kita mulai dulu dengan apa itu yg dimaksut dengan skripsi, menurut buku pedoman yang ada di kampus gw skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian. Bla… bla.. Gw pikir lo udah ngerti lah.. G perlu gw jelasin lg.

Oke lanjut..


Ada yang aneh g dengan kumpulan file di atas.. Klo gak ketemu coba perhatikan lg.

Yup… anda benar.. File di atas adalah sebuah skripsi yang udah jadi, tp kenapa empunya skripsi g menjadikannya dalam satu file..?

Nah inilah yang menjadi masalah.. Karena yang ngebikin skripsi g ngerti gimana caranya mengatur halaman dalam satu file MS Word (Ms W).

Yup.. Kita mulai aja sekarang ...

Tutorial ini menggunakan Ms O 2007, jd bagi anda yang menggunakan Ms O 2003 dan kakek buyutnya, mohon maaf bro… kayaknya anda harus mengistalnya terlebih dahulu.

1. Buka File Ms W pada komputer anda !!! tentunya gw gak perlu lg di ajarin bukan?, cukup gunain aja tikus yang ada di tangan.

2. Setelah Ms W terbuka. Ubah Ukuran Page Menjadi A4

3. Untuk membuat halaman sampul klik Inset >Cover Page, kemudian pilih cover yg anda sukai.. "Lo kok gak ada Cover yg ada logo kampus gw ya..?" tenang aja bro.. Page ini bisa kita edit nantinya.

4. Untuk mengatur halamannya kita harus mengubah Header dan Footer nya terlebih dahulu. Arahkan tikus ke bagian atas page 2 kemudian dabel klick akan muncul tampilan berikut:

Tampilan ini akan kita ubah menjadi Header-Section1 dan Footer-Section2, sebagai berikut:

Gimana caranya..? Ikuti langkah berikut:

Klick Page Layout > Next Page. Akan tampil sebagai berikut.:


(note: sebelumnya keluar dulu dari tampilan Hider dan Footer, dengan cara dabel click pada halaman tengah Page 2)

Lakukan langkah di atas hingga di peroleh Section5. Secition 1-5 ini kita gunakan untuk mengetur tampilan halaman nantinya, seperti halaman I, ii, ii… atau 1, 2, 3.. Rinciannya yaitu:

- Secition 1 untuk Cover =tanpa Page Number (PN)

- Secition 2 untuk lembar persetujuan=tanpa PN

- Secition 3 Untuk Abstrak ningga Daftar Lampiran = PN i, ii, iii…..

- Secition 4 Untuk ISI Skripsi = PN 1, 2, 3…

- Secition 5 Untuk Lampiran = Tanpa PN

5. Sekarang kita melangkah ke cara pembuatan halaman, klick Page Number > lalu pilih posisi Page Numbernya.


Maka akan muncul Page number (PN) pada setiap halaman..

Namun kita harus menghilangkan PN pada halaman Cover, gak lucukan kalau Cover ada halamannya. Ikuti langkah berilut:

Buka halaman Page 2 kemudian akan terlihat Footer-Section 2 (seperti gambar di bawah) kemudian di sebelah kanan ada tulisan "Same as Previous", tulisan ini berarti bahwa Footer ini mengikuti Footer sebelumnya.



Hilangkan tulisan "Same as …." pada page 2 ini dengan cara:

Klick pada angka "2" PN kemudian Klick Design > Link to Previous. Seperti gambar di bawah.




Secara otomatis tulisan "Same as…" nya sudah hilang. Setelah itu buka Page Cover kemudian hapus halaman PN nya yaitu angka "1".

Nah sekarang kita dapatkan halaman yang tanpa PN bukan…

Ulangi langkah di atas pada Page 3 dan Page 5 dan kemudian hapus PN "2" dan PN "5"nya.

6. Tentunya masih ada yang aneh bukan.. Yaitu pada Footer-Section 3 di mulai dengan PN "3". Jangan panik dulu bro.. Page ini dan page seterusnya akan kita ubahmenjadi page berikut:

- Secition 1 untuk Cover =tanpa Page Number (PN)

- Secition 2 untuk lembar persetujuan=tanpa PN

- Secition 3 Untuk Abstrak ningga Daftar Lampiran = PN i, ii, iii…..

- Secition 4 Untuk ISI Skripsi = PN 1, 2, 3…

- Secition 5 Untuk Lampiran = Tanpa PN

Klick Insert > Page Number > Format Page Number . Seperti tampilan di bawah:



Kemudiaan Ubah Tool Bar Page Number Format Menjadi persis sama dengan Gambar Berikut


Kemudian Klick OK dan muncul menu peringatan Klick OK

Ulangi langlah di atas dengan mengisikan 1, 2, 3,… Number Format: dan Heading 4 pada Chapter start withstyle:

(Note: jangan lupa isi Page numbering dengan mengklick Start at dengan kolom "i" untuk Heading 3 dan "1" untuk Heading 4, kolom ini berguna untuk membuat nomor awal halaman pertama pada tiap Heading atau Section.)

7. Nah sekarang kita dapatkan:

- Secition 1 untuk Cover =tanpa Page Number (PN)

- Secition 2 untuk lembar persetujuan=tanpa PN

- Secition 3 untuk Abstrak ningga Daftar Lampiran = PN "I"

- Secition 4 untuk ISI Skripsi = PN "1"

- Secition 5 untuk Lampiran = Tanpa PN

8. Setelah beres mengatur halaman, kita beralih ke Pembuatan Outline.

Langkah pertama yaitu mengubah tampilan Pege menjadi Outline denga cara klick Outline pada pojok kanan bawah seperti gambar berikut:



Tampilan Page akan berubah menjadi tampilan Outline

9. Pada tampilan Outline akan kita jumpai 4 buah Section Brek, kemudian ketik "KATA PENGANTAR", "ABSTRAK"… Pada Section Break yg ke dua, dan "BAB I PENDAHULUAN", "BAB II KAJIAN PUSTAKA" … Pada Section Break ke 3. seperti gambar berikut:

10. Blok semua tulisan tersebut Kecuali bagian "Sub Bab" seperti "1.1 Latar Belakang Penelitian", "1.2 …." kemudian ganti dari Body Text menjadi Level 1, perhatikan gambar berikut:

Kemudian lanjutkan dengan mengubah Sub Bab menjadi Level 2, dengan langkah yg sama

11. Jadikan Masing masing Tulisan di atas masing-masing ke dalam satu Section Break dengan cara:

Arahkan Krusor ke Belakangtulisan "ABSTRAK"

Kemudian klik Page Layout > Page


Maka KATA PENGANTAR AKAN akan sedikit terpisah dari yg lainnya. Seperti pda tampilan berikut:


Ulangai langkah di atas hingga semua tulisan ber jarak, kecuali pada bagian Sub Bab, sehingga di hasilkan seperti gambar berikut:


12. Langkah beriktnya ubah bagian Sub Bab 1.1, 1.2, 1.3… menjadi Level 2, dengancara memblok Sub Bab tersebut kemudian ubah Levelnya dari "Body Text" Menjadi "Level 2"

13. Ubah tampilan Page dari "Outline" Menjadi "Print Layout"

14. Upah Posisi Masing-masing bab menjadi di tengah "Center Text" dengan cata klik kakan pada bagian text

15. Langkah Selanjudnya yaitu Membuat daftar isi. Jangan khawatir. Mang Bill Gates waktu ngebuat program Ms W ini tentunya udah ngerancang pembuatan daftar isi secara otomatis. Gimana caranya?. Ikuti langkah berikut:

Buka Halaman Page Bab DAFTAR ISI atau page iii, kemudian taruh Crusor di depan tulisan "DAFTAR ISI" kemudian klick References > Table of Contents > Automatic Table1




Simsalabim…. Daftar isi terbut secara otomatis, kemudian Hapus tulisan "Contents" pada baris kedua. Sehinnga menjadi Sbb:



Halaman pada DAFTAR ISI ini dapat di Update dengan mengklik Update Table.. Seperti pada Gambar diatas

16. Mengatur Sub Bab:

Pada Bab 2 "KAJIAN PUSTAKA" tentunya masing-masing Sub Bab diawali dengan format 2.1 ..., 2.1.1 …., dan sebagainya. Seperti gambar berukut:



Untuk membuat Sub Bab tersebut pertama tama buat subbab seperti ganbar berikut:


Kemudian Ubah Sub Bab 1.2 …. menjadi 2.1…. Dengan cara :

Klik kanan pada angka sub bab kemudian klik Numbering > Set Numbering Value...

Stelah itu akan muncul Tool Bar baru dan ubah menjadi seperti gambar berikut:



Maka sub bab akan berubah manjadi 2.1 .., 2.2 … dan seterusnya.

Untuk Mengubab sub bab menjadi level 3 (2.1.1 …, 2.1.2…..) ikuti langkah berikut:

Klik kanan pada subbab 2.2 > Numbering > Change List Level > 1.1.1……………………………..

Maka subbab 2.2 … akan berubah menjadi 2.1.1 …. Ikuti langkah seperti diatas untuk subbab 2.1.2 …..


Klik Update entire table > OK



Maka secara otomatis Subbab yang baru udah ter update ke dalam daftar isi..


Format PDF Klik di sini

Contoh Jadi Klik di sini



SEMOGA BERMANFAAT

"Kritik Dan Saran Silah isi coment"

NEXT POST… Akan Membahas Cara Pengetikan Kuesioner Format Print dan Digital.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih Udah berkomentar di sini.. :)